Selasa, 22 April 2008

puisi akrostik


Istilah-istilah dalam Puisi :
Akrostik

Akrostik : Sebuah sajak, yang huruf awal baris-barisnya menyusun sebuah atau beberapa kata.
Puisi Naratif
Puisi Naratif : Puisi yang bercerita ; puisi yang mengandung cerita ; puisi yang menyampaikan sebuah cerita.
Asindeton
Asindeton : Penghilangan kata sambung yang menghubungkan beberapa kata atau frasa.
Antonim
Antonim : Satu atau dua kata yang punya makna yang berlawanan.
Analogi
Analogi : Menyamakan atau mendekatkan makna dua hal yang berbeda.
Sepentina
Sepentina : Sajak dengan baris-baris yang kata terakhirnya sama dengan kata awalnya.
Asonansi
Asonansi : Pengulangan bunyi vokal yang sama pada kata/perkataan yang berurutan dalam baris-baris puisi.
Anafora
Anafora, atau Epanafora : satu ragam atau jenis Gaya bahasa pengulangan, yaitu kedudukan pengulangan satu kata/ perkataan atau lebih pada awal baris-baris puisi.
Ambiguiti
Ambiguitas : Makna kata/perkataan atau ungkapan dalam puisi yang mempunyai berbagai kemungkinan tafsiran, yaitu lebih daripada satu makna atau tafsiran.
Alusi
Alusi : Satu ragam atau jenis gaya bahasa perbandingan yang merujuk secara tidak langsung kepada suatu peristiwa, tokoh-tokoh atau karya sastra yang terkenal.
Puisi Bebas
Puisi bebas ; puisi modern
Kebalikan dari bentuk terikat, puisi bebas tidak mengikuti pola-pola yang baku.
Metafor
Metafor ; metafora, kata benda
1. Sebuah bentuk ucapan di mana suatu kata atau frasa yang biasanya digunakan untuk merujuk pada sesuatu hal digunakan untuk merujuk hal yang lain, sehingga menghasilkan suatu perbandingan yang tersirat.
2. Suatu hal yang dianggap mewakili hal yang lain ; simbol.
Balada
Balada : Puisi yang menceritakan sebuah kisah, seperti cerita rakyat atau legenda, dan sering kali mempunyai refrain yang berulang.
Simile
Simile : Sebuah bentuk ucapan di mana dua hal diperbandingkan menggunakan kata 'seperti' atau 'bagaikan' untuk menegaskan kesamaan dari dua hal yang berbeda.
Enjambemen
Enjabemen : kelanjutan sebuah kalimat dari satu baris/bait ke baris/bait berikutnya. bisa juga dilihat sebagai pemenggalan sebuah kalimat menjadi beberapa baris.
Aliterasi
Aliterasi : pengulangan bunyi konsonan yang sama dalam baris-baris puisi ; biasanya pada awal kata/perkataan yang berurutan.
Madrigal
Madrigal : Sajak cinta liris yang pendek berisi buah fikiran yang sederhana, bernas, san padat.
Stanza
Stanza : pembagian atau bagian dari sajak : sejumlah baris yang membentuk sebuah unit di dalam sebuah sajak. dalam sajak berbentuk tetap, masing-masing stanza memiliki pola dengan jumlah baris, ritme dan rima yang sama atau tetap.

Puisi akrostik merupakan salah satu jenis puisi yang digunakan untuk pemula, sebagai bahan dasar untuk mulai menyukai menulis puisi. Kata akrostik berasal dari bahasa Prancis acrostiche dan Yunani akrostichis. Akrotik:kata benda, yang artinya sebuah sajak (kata lain dari puisi, yang huruf awal baris-barisnya menyusun sebuah atau beberapa kata, apabila dibaca secara vertikal (dari atas ke bawah). Pola rima dan jumlah larik dapat bervariasi, karena puisi akrostik lebih dari puisi deskripsi yang mana menjelaskan kata yang dibentuk.
Berikut ini tentang puisi akrostik:
1)menulis puisi akrostik sangat mudah dan menyenangkan
2)huruf kapital selalu dimulai pada tiap-tiap baris baru
3)membaca dan kembali membaca membantu menemukan kata yang baik
4)kalimat tidak terlalu penting
5)pewarnaan pada huruf awal tiap-tiap baris membuat semangat menulis puisi

4 komentar:

yulia ti mengatakan...

hallo arek blesteran bandung kumaha damang
sory baru masuk blog kamu sekarang,
q cm mau bilang tolong diperbanyak lagi catatannya dong neng tentang puisi akrostik dan sertakan juga contohnya. gt aja ya komentarnya jangan banyak-banyak ntar batuk.he...he..
By. yuliaty

echa mengatakan...

hai cewek, bagus juga blognya. semua karyanya cukup bagus tapi aku lebih senang jika kamu juga mencoba menbuat puisi akrostik sendiri. hitung-hitung belajar memperdalam ilmu kepuisianny. key. jo lupa kunjungi terus blog ku di karyakoe-echa.blogspot.com don't forget. key.......

D1K4 mengatakan...

Aooooooooo.....Buk!!! how are you??
ceile lumayan bagus juga itu blog...buatin dunk heeeeee!!!
uadah yach becandanya. menurut saya lumayan juga isi blog Anda bisa untuk menambah wawasan kita-kita calon pahlawan tanpa jasa(kapan jasanya dihargai ya...mungkin nasibnya kali gitu terus)tapi apa bener itu karya dewe contohnya?? ya mungkin akan lebih baik kalo anda juga ikut serta coret mencoret untuk karya berikutnya saya tunggu yach...oiya, kunjungi punya aku kalo nggak awas lho tak doain jomblo ampex tuwir heeeee... di sini yach puisiekspresiku.blogspot.com
Taaaaaataaaaaaa!!!!

echa mengatakan...

ya sorry non, gitu ae ngambek. aku kan gak tau kalo sebagian dari karya itu juga milikmu. bagus kok.chayo dan terus berkarya yach....